Penghuni Rutan Wates Test Urine, Hasilnya Negatif 

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com– Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates bersama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, Polres Kulonprogo dan Kodim 0731 menggelar razia, di Rutan setempat, Rabu (22/09/2021). Petugas menyita sejumlah uang koin, wadah salep, tutup deodorant dan potongan sikat gigi. Barang-barang hasil razia petugas tersebut untuk selanjutnya akan diserahkan ke bagian Keamanan untuk diinventarisir dan dimusnahkan.
Kegiatan razia dipimpin langsung Kepala Rutan Kelas IIB Wates Deny Fajariyanto dihadiri Kanit Dalmas 1 Sat Sabhara Polres Kulonprogo Ipda Bambang Widyohandoko, Penanggungjawab Seksi Pencegahan BNNP DIY Hery Santoso, Pasi Intel Kodim 0731 Khabib, serta Kasubbid Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan Kanwil kemenkumham DIY Yanuar Rindang.
Tak hanya razia, namun juga dilakukan tes urine secara acak kepada 30 warga binaan dan 30 petugas. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berasal dari beberapa sel dan ruangan yang berbeda. Dari tes urine yang dilakukan secara acak ini, semua hasilnya negatif dan tidak ada indikasi pemakaian obat-obatan terlarang/ narkoba.
Dikatakan Karutan Deny Fajariyanto, razia ini sebagai bentuk Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) untuk menekan gangguan keamanan dan ketertiban, serta penyitaan barang kepemilikan yang tidak sesuai dengan pembatasan dalam upaya mewujudkan Rutan yang bersih dari narkoba (Bersinar).

BERITA REKOMENDASI