Penuhi Syarat, Garuda-Air Asia Siap Buka Rute Internasional di BIY

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dua maskapai penerbangan, Garuda Indonesia dan Air Asia menyatakan siap buka rute baru penerbangan internasional di Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA/ BIY) jika sarana transportasi udara di Kecamatan Temon, Kulonprogo tersebut benar-benar sudah siap pada April 2020 mendatang.
Bahkan manajemen PT Garuda Indonesia berencana pada penerbangan internasional perdananya akan mengangkut jamaah umroh pada musim panas atau summer

.  

Untuk penerbangan domestik, pesawat Garuda berbadan lebar jenis Airbus A330 telah memiliki jadwal rutin penerbangan dari BIY ke Jakarta setiap akhir pekan. Menurut Supervisor Station and Service

YIA, Garuda Indonesia, Permadi Oesman, saat ini runway

atau landasan pacu BIY sudah bisa didarati pesawat besar lainnya seperti Boeing 777. Dengan kondisi tersebut pihaknya menyimpulkan pesawat Garuda bisa mengangkut jamaah umroh melalui BIY. "Rencana kami ke depan, minta slot penerbangan mengangkut jamaah umroh dari BIY.
"Pada Summer lah atau April 2020, mungkin kami sudah siap mengangkut jamaah umroh dengan Airbus," katanya usai Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) bersama pejabat maskapai lain di BIY, Jumat (18/10).

HIRA diadakan PT Angkasa Pura (AP) I di BIY sebagai persiapan menyambut operation maximum

penerbangan internasional di bandara baru tersebut pada April 2020 mendatang. HIRA melibatkan sejumlah maskapai penerbangan dan pihak terkait guna melakukan penilaian sekaligus identifikasi potensi gangguan dan risiko yang mungkin timbul BIY dari sudut pandang masing-masing pihak. Temuan di lapangan menjadi rekomendasi bagi AP I untuk melakukan pembenahan.

Secara umum ungkap Permadi, BIY sudah memenuhi syarat untuk operasi penerbangan internasional. Hanya saja memang perlu ada pengembangan service seperti area lounge

yang lebih besar, sehingga pelayanan pada penumpang kelas platinum dan bisnis bisa disediakan. "Untuk HIRA, dari airline

kami sudah hijau, sudah memenuhi syarat. Kami siap April 2020 buka rute internasioanl dan mudah-mudahan segera teralisasi," harapnya.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM BIY sekalgus GM Bandara Adisucjipto, Agus Pandu Purnama menegaskan, rute penerbangan internasional di BIY direncanakan dibuka April 2020 mendatang saat beroperasi penuh. Tapi sebelumnya AP I akan memindahkan layanan penerbangan rute domestik di Adisutjipto ke BIY pada Januari 2020. "Sekarang, progres pembangunan BIY sudah mencapai 88 persen," terang Agus Pandu. (Rul)

 

 

BERITA REKOMENDASI