Penumpang di Terminal Wates Meningkat

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pada masa liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) terjadi lonjakan penumpang bus di Terminal Wates. Jumlah penumpang dengan tujuan Jabodetabek dan sekitarnya mencapai sekitar 2.500 orang perhari.

Koordinator Petugas Retribusi Terminal Wates, Supono, yang dihubungi mengatakan sejak Senin (23/12/2019) terjadi peningkatan penumpang di Terminal Wates. Peningkatan penumpang diperkirakan terjadi hingga Senin 6 Januari 2020.

Baca juga :

Busyro Ungkap Novel Baswedan Pernah Diancam Dibunuh
Pastikan Pasokan Listrik Aman, Wakil Dirut PLN Kunjungi Yogya

Menurutnya, puluhan bus membawa penumpang penuh tiap hari diberangkatkan dari Terminal Wates. Peningkatan penumpang di luar perkiraan karena tidak terlihat ada peningkatan penumpang arus mudik yang turun di terminal.

“Jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Wates, mencapai 2.500 orang perhari. Perkiraaan peningkatan penumpang akan terjadi sampai Senin, 6 Januari 2020 mendatang,” ujar Supono di sela-sela kesibukan mengatur bus masuk di Terminal Wates.

Sejumlah agen penjualan tiket bus di Terminal Wates, Senin (30/12/2019), diramaikan calon penumpang bersama para pengantar mulai siang hingga sore hari. Pengelola Agen Penjualan Tiket Bus PO Sinar Jaya, Sartiyah, menjelaskan peningkatan penumpang mulai dirasakan menjelang liburan Nataru. Setiap hari memberangkatkan penumpang dari Terminal Wates di kisaran antara 200 sampai 250 orang.

Menurutnya, sesuai pemesanan tiket, puncak arus balik terjadi di Sabtu (04/01/2020) dan Minggu (05/01/2020). “Tiga hari awal tahun baru diperkirakan masih ramai penumpang yang berangkat dari Terminal Wates,” kata Sartiyah.

Terpisah Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo, Hera Suwanto mengatakan masa liburan Nataru juga terjadi peningkatan arus kendaraan yang melewati jalan jalur selatan di Kulonprogo. Menurutnya, belum diperlukan rekayasa lalu lintas. Kendaraan didominasi kendaraan pribadi dan bus reguler masih dapat melaju dengan lancar. (Ras)

BERITA REKOMENDASI