Penumpang Melalui BIY Dipastikan Bebas Covid-19

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – PT Angkasa Pura (AP) I siap beroperasi pada masa normal baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan pencegahan Covid-19 di Bandara Internasional Yogyakarta (BIY). Para penumpang yang terbang melalui BIY dipastikan terbebas dari Covid-19/

“Dengan memenuhi semua persyaratan administrasi dan mengikuti seluruh protokol kesehatan, kami jamin semua penumpang yang terbang melalui BIY terbebas dari virus Korona. Apalagi kami sudah menerapkan salah satu teknologi pengukur suhu tubuh baik yang model thermometer gun maupun alat pengukur suhu seluruh tubuh. Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) tidak mungkin meloloskan calon penumpang yang diduga terpapar Covid-19,” tegas Pelaksana Tugas Sementara (PTS) Ganeral Manager (GM) Bandara Internasional Yogyakarta (BIY), Agus Pandu Purnama.

Ia mungkapkan pandemi Covid-19 telah mempengaruhi bisnis penerbangan yang sangat luar biasa, tapi pihaknya mengaku tidak boleh menyerah dengan keadaan. Karenanya, AP I telah menyiapkan cara, sistem dan mekanisme penerapan normal baru dalam beroperasinya bandara.

Penerapan normal baru harus bisa memberikan pelayanan prima kepada semua penumpang pesawat, sehingga mereka bisa mengakses BIY seluas-luasnya. “Kata kuncinya, calon penumpang dan semua mitra AP I yang mengakses bandara, termasuk petugas harus memenuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

Pandu memastikan, pengelola BIY telah menyiapkan protokol kesehatan mulai dari pintu masuk bandara sampai penumpang menggunakan pesawat dan sebaliknya. “Salah satunya kami telah mengoperasikan alat therma scanner digital untuk mengetahui suhu tubuh calon penumpang,” katanya.

Selain itu mewajibkan seluruh calon penumpang, mitra bandara dan petugas mengenakan masker di area bandara. Mereka juga harus mengikuti aturan bandara tentang physical distancing yang berlaku di seluruh area. (Rul)

BERITA REKOMENDASI