Penumpang Pesawat Arus Balik Nataru 2021 Di YIA Ramai

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Puncak arus balik musim Libur Natal dan Tarun Baru (Nataru) 2021 di Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Minggu (3/1/2021) mengalami lonjakan cukup signifikan. Sementara itu pengelola BIY, PT Angkasa Pura (AP) I mencatat selama 2020 jumlah total penumpang yang tiba di bandara tersebut mencapai pada 509.940 orang.

Menurut Airport Duty Manager (ADM) YIA, Zulfikar Nooer, ramainya calon penumpang dan pengantar disebabkan Minggu (3/1/2021) merupakan puncak arus balik Nataru 2021. “Kami diperkirakan hari ini puncak arus balik Nataru, kan besok sudah masuk kerja,” katanya.

Tercatat sekitar 7.700 penumpang memadati YIA. Dari jumlah tersebut 2.400-an penumpang kedatangan dan 5.300 penumpang keberangkatan. “Untuk pergerakan pesawat pergi dan datang sebanyak 92,” ujarnya memastikan jumlah tersebut lebih banyak dibanding hari biasa yang rata-rata sekitar 4.000 penumpang perhari.

Kendati jumlah penumpang pesawat di YIA mengalami kenaikan cukup signifikan tapi hal tersebut lebih rendah dari prediksi yang disampaikan Pejabat Tugas Sementara General Manager (PTS GM) YIA, Taochid Purnama Hadi beberapa waktu lalu, yang memprediksikan jumlah penumpang pada arus balik bisa mencapai 9.000 orang perhari. Banyaknya orang di YIA sesungguhnya tidak didominasi penumpang maupun pengantar, tapi di antara mereka ada masyarakat umum yang sengaja berwisata di bandara internasional baru tersebut.

BERITA REKOMENDASI