Peresmian Pembangunan NYIA Diharap Bareng HUT Kulonprogo

Editor: KRjogja/Gus

TEMON (KRJogja.com) – Mantan Bupati Kulonprogo dr Hasto Wardoyo SpOG (K) berharap peletakan batu pertama pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) bisa dilakukan secepatnya dan diharapkan bertepatan dengan Hari Jadi Kulonprogo pada 15 Oktober 2016 mendatang. Selain memiliki makna mendalam baik bagi masyarakat maupun pemkab setempat karena bertepatan dengan hari bersejarah berdirinya Kabupaten Kulonprogo juga memberi kepastian percepatan pembangunan bandara.

 

Mengingat peletakan batu pertama merupakan momentum penting, maka diri akan mendorong melalui Penjabat Bupati Kulonprogo, dalam hal ini mendukung, agar peletakan batu pertama dilakukan secepatnya. “Saya betul-betul mengusulkan, mengharapkan, mendoakan, mendukung seandainya peletakan batu pertama bisa dilakukan tanggal 15 Oktober. Itu luar biasa bagi Kulonprogo,” jelasnya, Selasa (30/8).

Dijelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan bandara selesai 2019, sehingga 2020 sudah bisa beroperasi. "Dengan waktu pembangunan konstruksi selama tiga tahun saya optimis bisa rampung," tambahnya.

Optimis tersebut bukan tanpa alasan karena melihat pembangunan bandara Soekarno Hatta lalu di Jakarta, pembangunan terminal tiganya yang merupakan terminal standar internasional bisa selesai hanya dalam waktu enam bulan. Padahal, menurutnya, pembangunan bandara yang agak complicated

(rumit) justru membuat terminalnya.

Sementara sebelumnya Project Manager Kantor Proyek Pembangunan NYIA) PT Angkasa Pura I, Sujiastono mengatakan, karena ada gugatan dari warga maka tahap konstruksi bandara diperkirakan bisa dimulai awal 2017. Pembangunan memerlukan waktu sekitar tiga tahun, sehingga pada 2019 atau 2020 bandara NYIA sudah bisa beroperasi. (Rul)

BERITA REKOMENDASI