Peringatan Hari Jadi Kulonprogo 2020 Digelar Sederhana

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Guna mencegah paparan virus Korona maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kabupaten Kulonprogo yang jatuh pada Kamis 15 Oktober terpaksa meniadakan sejumlah kegiatan termasuk event besar yang selama ini mampu menyedot perhatian masyarakat luas. Dua kegiatan yang ditiadakan adalah pameran pembangunan dan ziarah makam mantan bupati Kulonprogo.

Wakil Ketua Panitia Hari Jadi Kulonprogo 2020, Jumanto SH menegaskan, dua kegiatan tersebut terpaksa ditiadakan karena akan menimbulkan kerumunan sehingga melanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Selain itu anggaran untuk pameran pembangunan sudah terpangkas untuk penanganan Covid-19. Kalau tetap digelar justru jadi masalah baru, karena itu berkaitan dengan anggaran dan protokol kesehatan,” tegasnya saat jumpa pers Persiapan Hari Jadi Kulonprogo didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Drs Rudiyatno di Balai Agung Kompleks Pemkab setempat, Selasa (13/10).

Namun demikian panitia akan menggelar kegiatan lain secara sederhana dalam upaya menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. Dua kegiatan dimaksud adalah sebelum hari H meliputi parade musik religi, talk show

budaya dan festival gejog lesung

yang dimotori Kundha Kabudayan

dan akan disiarkan secara daring melalui channel YouTube

Dinas Kebudayaan.

Kegiatan lainnya doa lintas agama yang dikemas dalam tirakatan di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulonprogo Rabu (14/10). Kemudian esok harinya, Kamis (15/10) puncak acara upacara Hari Jadi di lokasi yang sama.

Sementara itu Sekretaris Panitia Duana Heru Supriyanta menambahkan, dalam menyemarakkan peringatan HUT ke-69 Kabupaten Kulonprogoia kalangan aparat sipil negara (ASN) bekerja sama Palang Merah Indonesia Cabang Kulonprogo akan mengadakan kegiatan donor darah, ‘launching’ empat film pendek karya sekolah film Kulonprogo pada 23 Oktober, gelar karya batik Kulonprogo pada 24 Oktober. “Malam penutupan rangkaian Peringatan Hari Jadi Kulonprogo tahun 2020 akan dihelat di Alun-alun Wates pada 27 Oktober dengan pementasan wayang kulit singkat maksimal sampai pukul 23.00 WIB,” ungkapnya menambahkan pada malam penutupan akan diumumkan pemenang setiap lomba yang sebelumnya sudah digelar meliputi lomba Kelompok Wanita Tani dan penghargaan juara monitoring kinerja Kapanewon 2020.

BERITA REKOMENDASI