Perkuat Sinergi, BLUPIP – BPOB Sosialisasi Pelatihan Pembiayaan Ultra Mikro

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP) melakukan penguatan sinergi dengan Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) berupa sosialisasi dan pelatihan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) bagi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Desa Penyangga Zona Otorita Borobudur di Glamping Deloano, perbatasan Kapanewon Samigaluh Kulonprogo dengan Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo, Minggu, (14/11/2021).

Kegiatan tersebut upaya BLU-PIP dalam memperluas penyaluran pinjaman UMi di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur dengan memfokuskan di tiga kabupaten yang bersinggungan langsung dengan zona Otorita BPOB (Borobudur Highland) meliputi Kabupaten Magelang, Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Purworejo.

“Tujuan kegiatan ini untuk mendukung pengembangan UMKM di sektor parekraf Desa Penyangga Borobudur Highland. BPOB dan PIP berkomitmen untuk mengembangkan produk parekraf guna meningkatkan value chain pada ekosistem parekraf yang sedang berkembang,” kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara.

Selain itu ungkapnya, sinergi program tersebut diperkuat dengan penandatanganan nota kesepahaman antara BLU-PIP dengan BLU-BPOB tentang pelaksanaan agenda yang sama. “Melalui program pembiayaan UMi sektor parekraf yang dikelola Kemenkeu menunjukkan pemerintah mendorong peningkatan kapasitas usaha parekraf sehingga pelaku usaha parekraf bisa lebih sejahtera,” tuturnya.

 

BERITA REKOMENDASI