Permintaan Sapi Kurban di Kulonprogo Meningkat

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sejumlah pedagang hewan kurban di Kulonoprogo menyebutkan terjadi peningkatan permintaan sapi menjelang Idul Adha. Peningkatan permintaan sapi pada masa pandemi Covid-19 di luar prediksi pedagang penyedia hewan kurban. Diperkira-kan akibat kebijakan pemerintah membatalkan pelaksanaan ibadah haji ditahun ini menjadi penyebab meningkatnya permintaan sapi kurban.

”Hingga saat ini sudah menerima pesanan sedikitnya 100 ekor sapi untuk kurban. Jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang ada di kisaran antara 60-70 ekor,” ujar Mursid, salah seorang pedagang ternak di Pendem Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Pengasih.

Menurutnya, peningkatan permintaan sapi diluar prediksi para pedagang. Dimasa pandemi Covid-19 memprediksi terjadi penurunan daya beli masyarakat sehingga berdampak juga terhadap pembelian hewan kurban.

Peningkatan permintaan tersebut diperkirakanada kaitan kebijakan pemerintah meniadakan ibadah haji 2020 karena dampak pandemi Covid-19. Calon jamaah mengalihkan biaya ibadah hajidi antaranya untuk mem-beli hewan kurban.

Harga sapi yang memenuhi syarat sebagai hewan kurban ada dikisaran Rp 16 juta sampai Rp 23 juta per ekor. Sebagian besar konsumen memilih sapi dengan harga dikisaran Rp 21 juta. (Ras)

BERITA REKOMENDASI