Pertegas Image, BIY Dilengkapi ‘Science Corner’ Taman Pintar

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Guna mempertegas ‘image’ sebagai bandara bernuansa lokal Yogyakarta, manajemen PT Angkasa Pura (AP) I pengelola Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA/BIY) bekerjasama Taman Pintar Yogyakarta menghadirkan ‘science corner’ di salah satu sudut bandara bartu di kawasan pesisir Kapanewon Temon tersebut.

Science corner merupakan wisata edukasi unggulan sebagai pusat ilmu pengetahuan dikelola Pemerintah Kota Yogyakarta. Penyelenggaraan konsep ‘one-stop destination’ di tempatkan area ruang tunggu BIY. Konsep ‘science corner’ sebagai ikon Taman Pintar menyatukan konsep ‘reading corner’ dan ‘family corner’ dengan memperkuat aspek edukasi ‘sains’ sejumlah alat peraga interaktif digital serta dilengkapi dengan ‘e-library’ di tempatkan di sana.

“Inisiasi ini selaras misi Angkasa Pura I dalam upaya menjadikan bandara yang mengoptimalkan teknologi digital. Dengan hadirnya ‘science corner’ di YIA, AP I bermaksud mengenalkan Yogyakarta sebagai kota pendidikan kepada pengguna jasa bandara,” kata PTS General Manager BIY Agus Pandu Purnama disela peresmian ‘science corner’ oleh Walikota Yogyakarta Haryati Suyuti disaksikan Wabup Kulonprogo Fajar Gegana, Senin (10/8/2020).

Science corner YIA hadir dengan empat area, bagian depan pintu masuk atau ‘entrance’ dilengkapi monitor ‘touch-screen’ berisi profil dan informasi digital. Bagian kedua merupakan ‘area science’, terdapat empat alat peraga meliputi ‘magic floor’ (peraga harpa tak berdawai bekerja dengan sistem sensor), peraga uji konsentrasi berbasis saklar listrik yang bisa jadi ajang menguji konsentrasi, peraga cincin loncat merupakan alat peraga yang memperkenalkan konsep aliran listrik dan gaya tarik magnet. Sedangkan pada bagian ketiga, pengguna jasa bandara dapat menemukan ‘reading corner’ yang dilengkapi perangkat komputer berisi ‘e-library’ dan varian buku yang dapat dibaca di area membaca.

BERITA REKOMENDASI