Perumda Aneka Usaha Kembangkan Pertashop

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Perumda Aneka Usaha Kulonprogo yang merupakan perusahaan milik pemerintah daerah melakukan pengembangan usaha di tahun 2021 ini dengan mendirikan Pertamina Shop (Pertashop) pada lima titik lokasi.

Saat ini Perumda sebenarnya sudah mengelola 3 unit usaha, SPBU 44-55602 di Jl Wates Purworejo Km 1, Perbengkelan, dan Perdagangan Umum. Namun pandemi Covid 19 ini membuat pendapatan perusahaan mengalami penurunan sangat signifikan. Efisiensi dan Efektivitas dilakukan di semua unit usaha, selain memikirkan solusi untuk meningkatkan pendapatan.

“Pendirian Pertashop ini tidak semata- mata untuk mendapatkan laba, namun juga mendekatkan BBM Non Subsidi (Pertamax) kepada masyarakat karena harga jual sama dengan harga jual SPBU,” jelas Suharyanto, Direktur Utama Perumda Aneka Usaha Kulonprogo, Selasa (27/07/2021).

Dalam merekrut tenaga kerja juga mengambil tenaga kerja di daerah dimana pertashop itu berada, namun tetap dengan kualifikasi yang sesuai. Sehingga kemanfaatan pertashop bertambah dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat. “Titik lokasi pertashop tersebut berada di : Desa/Kalurahan Tanjungharjo, Cerme, Bojong, Tawangsari, dan Temon Wetan. Kesemuanya sudah beroperasi dengan jam buka pukul 06.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya,” ujar Suharyanto.

BERITA REKOMENDASI