Perwosi Gelar Sosialisasi Line Dance

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Kulonprogo menggelar sosialisasi Line Dance yang diikuti pengurus tingkat kapanewon dan kabupaten, di pendopo rumah dinas bupati, Jumat (16/10/2020). Sosialisasi dibuka Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kulonprogo Arif Prastowo SSos MSi menampilkan narasumber Hj Endang Kuswadi pemilik Sanggar Senam Kuldance.

Dikatakan Arif Prastowo, Line Dance ini merupakan sejenis olahraga dansa berupa rangkaian langkah yang membentuk suatu koreografi dan digerakkan pada sejumlah hitungan musik tertentu. “Pola langkah dan gayanya diambil dari langkah dasar berbagai jenis dansa, seperti rumba, salsa, cha-cha, waltz, Jive, hip hop, jazz dan lainnya,” kata Arif. Acara yang dihadiri Ketua KONI Bambang Gunoto SPd, Instruktur Erna ini juga menampilkan dasar-dasar Line Dance dan peragaan dari anggota Perwosi Kabupaten.

Berbeda dengan olahraga yang umum, dijelaskan Arif, olahraga dansa lebih dimensional. Manusia memiliki 4 level keberadaan yaitu fisik, emosi, mental dan spiritual. “Pada olahraga biasa, pada umumnya hanya memiliki 1 atau 2 level dimensi, yakni fisik dan/atau mental. Sedangkan olahraga dansa, terutama Line Dance mencakup ke 4 dimensi yaitu : fisik, emosi, mental dan spiritual,” ujar Arif.

Diungkapkan Ketua Perwosi Kulonprogo Dra Hj Sri Wahyu Widhati, sosialisasi ini merupakan kegiatan lanjutan dari program sebelumnya. “Kegiatan Perwosi dalam mendukung sosialisasi Line Dance ini adalah setiap Sabtu diadakan latihan rutin. Setiap usaha meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh kita dukung bersama, agar kualitas kesehatan meningkat dan mampu melewati pandemi ini dengan baik. Meski latihan, protokol kesehatan tetap diutamakan,” tandas Sri Wahyu Widhati.

BERITA REKOMENDASI