Pesawat Kargo Antonov Kembali Mendarat di YIA, Optimis Dongkrak Ekspor

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJogja.com – Kekuatan ‘runway’ Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) benar-benar telah teruji. Pesawat kargo Antonov AN124-100 kembali mendarat mulus di runway

sepanjang 3.250 meter pada Selasa (23/3) pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

“Pesawat kargo terbesar kedua di dunia tersebut mengangkut 63 ton kabel ‘wireharness’ dari YIA ke Columbus, Amerika Serikuat,” kata Pejabat Tugas Sementara (PTS) General Manager (GM) YIA, Agus Pandu Purnama. Dengan dua kali mendaratnya pesawat berbadan besar buatan Rusia tersebut pihaknya meyakini kegiatan ekspor impor melalui YIA akan terus berlanjut pada masa-masa mendatang.

Agus Pandu mengklaim, dipilihnya YIA sebagai lokasi pendaratan pesawat karga berbadan besar, karena kekuatan runway

bandara tersebut sangat memungkinkan didarati pesawat terbesar dan terberat. “Pihak kargo juga sempat menanyakan ke saya, apakah mungkin pesawat yang lebih besar lagi seperti Antonov AN-225 Mriya bisa mendarat di YIA?. Saya jawab bisa,” tegas Marsma TNI Agus Pandu Purnama SSos menambahkan tidak menutup kemungkinan pesawat terbesar di dunia tersebut juga akan mendarat di YIA.

“Apalagi ‘Pavement Classification Number’ (PCN) runway YIA 97 grade A sementara PCN Mriya hanya 84. Sehingga sangat memungkinkan pesawat terbesar dan terberat bisa mendarat di YIA,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI