Peserta Pemilu Diminta Taati Jadwal

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kulonprogo mengingatkan kepada peserta pemilu agar dalam melaksanakan kampanye rapat umum sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Sebab kampanye di luar jadwal merupakan salah satu pelanggaran pidana pemilu.

“Kerawanannya adalah karena disaat kampanye rapat umum dijadwalkan, kampanye metode lain seperti tatap muka, terbatas, ataupun kampanye kegiatan lain seperti senam atau jalan sehat misalnya tetap bisa dilaksanakan dan tidak ada jadwal yang mengaturnya. Oleh karena itu kita terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait hal ini karena kepolisian nanti yang akan mengeluarkan surat tanda terima pelaksanaan kampanye (STTPK) untuk kegiatan kampanye,” tegas Ketua/Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Kulonprogo Ria Herlinawati.

Selain itu, lanjut Ria, keterlibatan pihak-pihak yang dilarang ikut kampanye tentu juga menjadi fokus pengawasannya saat kampanye rapat umum, mengingat kampanye rapat umum biasanya pesertanya banyak, sehingga pihaknya harus betul-betul mengawasi keterlibatan pihak-pihak yang dilarang ikut kampanye.

Terpisah, Komisioner KPU Kulonprogo Hidayatut Thoyyibah menyatakan, kampanye rapat umum partai politik mengikuti dukungan politik kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang terbagi dua zona. Yaitu setiap zona terdiri dari 17 provinsi pengelompokan zona berdasarkan pulau dan kepulauan bagi parpol yang tidak atau belum menyatakan dukungan politik kepada salah satu Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, dapat memilih kampanye rapat umum pada salah satu zona. Jarak waktu/interval pelaksanaan kampanye rapat umum pada setiap zona adalah selama 2 hari. (Wid)

BERITA REKOMENDASI