Petani Kembangkan Ternak Bebek di Area Sawah Endemi Keong Mas

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Peluang ternak bebek di area sawah endemis keong mas sebenarnya cukup menjanjikan. Untuk mendapatkan produksi maksimal maka Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo melakukan kajian. Selain itu juga mendampingi Kelompok Tani Bangunrejo di Kalurahan Sindutan, Kapanewon Temon berinovasi dalam menangkap peluang ternak bebek di lahan endemis keong mas.

“Saat ini kami sedang mengkaji inovasi yang dilakukan Kelompok Tani Bangunrejo. Kalau hasilnya efektif, efisien dan menguntungkan petani maka inovasi itu baru dikembangkan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan setempat, Ir Aris Nugroho, Senin (31/5/2021).

Menurutnya, peluang bisnis bebek memiliki prospek cukup cerah karena peluang pasar luas. Apalagi masyarakat gemar makan daging bebek, sehingga saat ini banyak kuliner bebek. Agar makanan tersebut tetap digemari masyarakat maka para peternak harus memperhatikan kualitas bebek dan telur yang dihasilkan.

“Menjaga kualitas penting, karena kalau tidak mampu bersaing dengan pasar tentu usaha yang dijalankan tidak bisa berkembang,” ujarnya menambahkan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas daging bebek maupun telur ditentukan oleh nutrisi pakan yang diberikan.

BERITA REKOMENDASI