PLN Kembangkan Wisata Taman Sungai Mudal

Editor: KRjogja/Gus

WATES (KRJogja.com) – PT PLN Area Yogyakarta mengembangkan eko wisata di Taman Sungai Mudal di Pedukuhan Banyunganti Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo. Proyek tersebut merupakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan yang mampu memberikan manfaat besar bagi kehidupan sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Tahap awal renovasi pemanfaatan air dan konservasi tanaman anggrek telah kami mulai sejak Januari 2016 silam. Sebagai bentuk kepedulian terhadap resapan air kami akan memberi bantuan seribu bibit pohon pala untuk ditanam agar resapakan air menjadi lebih maksimal," kata Humas PT PLN Area Yogyakarta Paulus Kardiman saat presentasi rencana pengembangan Taman Sungai Mudal di hadapan mantan Bupati Kulonprogo dr Hasto Wardoyo SpOG (K), di Joglo PAUD Terpadu Sadewa, Wates, Jumat (30/9).

Dijelaskan, pelaksanaan tahap kedua rencananya akhir 2016 berupa pengadaan mesin pompa air untuk menaikkan air dari sumber mata air Sungai Mudal ke bak penampung yang ada di atas. "Sekarang yang eksisting (sudah ada-Red.) sebuah bak penampung air tapi dalam kondisi tidak berfungsi mungkin karena alasan biaya dan mesin pompa airnya rusak. PLN berinisiatif mengganti mesin pompa air yang baru sekaligus membuat embung. Itu yang jadi prioritas kerja kami sekarang," terangnya didampingi salah satu Supervissor Administrasi PT PLN Cabang Wates, Suyanto.

Dengan berfungsinya mesin pompa maka, ke depan air dari Taman Sungai Mudal bisa dinaikkan ke embung kemudian dialirkan dengan sistem gravitasi ke rumah-rumah penduduk, pasar dan kantor desa yang berada di bawah. "Kalau mesin pompa airnya sudah berfungsi maka kebutuhan air bersih bagi 130 kepala keluarga (KK), pedagang pasar dan kantor desa terpenuhi," ujarnya.

Menanggapi rencana tersebut, dr Hasto menyambut positif. Menurutnya pengembangan eko wisata di Taman Sungai Mudal yang dilakukan PT PLN Area Yogyakarta akan sangat bermanfaat terutama bagi pemenuhan kebutuhan air bersih warga di salah satu sisi perbukitan Menoreh. (Rul)

 

BERITA REKOMENDASI