Podjok Ajak Upacara Bendera 17 Agustus di Tepi Kali Progo

YOGYA, KRJOGJA.com – Upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus di puncak gunung mungkin sudah biasa. Namun, apa yang akan dilakukan oleh Komunitas Paguyuban Onthel Djogdjakarta (Podjok) ini terbilang berbeda. Mereka akan menggelar upacara bendera di tepi sungai Kali Progo.

"Kami mengajak masyarakat umum yang ingin bergabung untuk ikut upacara bendera 17 Agustus dengan konsep jadul di tepi sungai," kata Muntowil Ketua Umum Podjok kepada KRjogja.com, Jumat (16/8/2019). Upacara tersebut mengusung tema Raja Kaya Djiwa Raga Nuswantara.

Upacara akan berlangsung sabtu 17 Agustus 2019 mulai pukul 07.00 WIB di Tepi Sungai Progo bawah jembatan Kereta Api Mbeling Bantar Banguncipto Sentolo, Kulonprogo, Yogyakarta.

Baca Juga : 

Warga Jogonalan Ciptakan Motor dan Sepeda dari Kayu

Menurut laki-laki yang akrab dipanggil Towil ini peserta yang datang akan menggunakan pakaian tempo dulu atau jadul dengan menggunakan sepeda tua. Bagi masyarakat umum bisa mengikuti upacara dengan drescode menyesuaikan.

"Setelah selesai nanti akan ada acara dhahar lan wedangan atau makan bersama," ujar Towil.

Menurut Towil, orang-orang yang akan bertugas sebagai petugas upacara adalah anggota komunitas Podjok. Mereka sudah berlatih agar saat upacara bisa berlangsung khidmat dan lancar.

Lokasi Upacara klik disini https://maps.app.goo.gl/wde8pgy1GowudFGG9

Petugas Upacara yang bertugas

Inspektur Up : Muntowil

Komandan : lik Aji

Ajudan : Pak Yus

Pengibar : Irma dkk

Proklamasi : Widodo

Pancasila : Muntowil

Doa : Agus

Dirijen : Yu Heri

Komandan pasukan : lik Wahyu

 

BERITA REKOMENDASI