Pohon Pisang Milik Suwarsono Berbuah Tiga Tandan

WATES, KRJOGJA.com – Pohon pisang biasanya hanya berbuah satu tandan. Namun pohon pisang yang tumbuh di pekarangan milik Suwarsono (46) warga Pedukuhan Banteng Kalurahan Temon Kulon Kapanewon Temon memiliki keunikan dengan berbuah sebanyak tiga tandan.

Suwarsono saat ditemui KRJOGJA.com, Rabu (24/6) mengatakan, munculnya keanehan pada pohon pisang tersebut saat mulai berbuah pada awal Juni 2020. Awalnya, terlihat berbuah sebanyak dua tandan. Selang beberapa hari muncul satu tandan lagi sehingga berjumlah tiga tandan.
Pohon pisang ini sudah ditanam sejak dua tahun lalu. Sedangkan bibit pohon dibawa dari tempat saudara yang tinggal di Lampung.

Selama dua tahun, katanya, pohon pisang jenis ambon tumbuh dan berbuah satu tandan seperti pohon pisang pada umumnya. Namun baru kali ini bisa berbuah sampai tiga tandan. “Agar tumbuh dengan baik, saya memberi pupuk kandang dan menyiram dengan air. Tidak tahu kok bisa berbuah sampai tiga tandan sekaligus. Padahal perawatannya sama dengan pohon pisang lainnya yang ada di pekarangan. Tak lama lagi, buah pisang ini sudah bisa di panen. Rencananya buah pisang akan di konsumsi sendiri dan sebagian lainnya akan dibagikan ke tetangga sekitar,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI