Polres – Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Kulonprogo Sinergi Cegah Kekerasan Perempuan dan Anak

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Lembaga Legislatif Kabupaten Kulonprogo saat ini sedang membahas rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Kabupaten Ramah Anak. Tahapan tersebut dilakukan dalam perubahan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) 2021 Kulonprogo.

“Demi optimalisasinya Kulonprogo sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) yang beberapa kali dapat penghargaan dari pemerintah pusat, saya berharap ke depan sinergitas antara DPRD, Dinsos P3A dan Polres Kulonprogo lebih ditingkatkan. Sehingga upaya pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak lebih maksimal,” kata Ketua DPRD setempat, Akhid Nuryati saat   Sosialisasi Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Kulonprogo di RM Dapur Semar, Wates, Sabtu (6/11/2021).

Pihaknya menyambut baik langkah Kapolres AKBP Mukaromah Fajarini. Sebelum pembahasan raperda, kapolres sudah mengedukasi masyarakat guna mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. “Biasanya tindakan dan peringatan tidak disertai edukasi tapi Bu Kapolres melakukan edukasi,” puji Akhid.

Kapolres AKBP Mukaromah Fajarini menegaskan, masyarakat hendaknya lebih sadar perubahan situasi lingkungannya masing-masing. Terlebih pada situasi yang berpotensi menimbulkan tindak kejahatan umum maupun kekerasan terhadap perempuan dan anak. Orang tua perlu memberi ruang berkreasi bagi generasi muda untuk menyalurkan bakatnya.

“Orang tua juga harus memposisikan diri sebagai sahabat dan tempat berkeluh kesah anak, sehingga terjalin kedekatan,” jelasnya.

 

BERITA REKOMENDASI