Polres Kulonprogo Bentuk Tim Khusus ‘The Cops’

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kendati di wilayah hukumnya hingga saat ini kondisinya masih relatif aman dari kejahatan jalanan, tapi Kapolres Kulonprogo AKBP Tartono MBA tidak mau kecolongan, sehingga membentuk tim khusus The Cops. Eksyen pertama personel The Cops yang dipimpin Plh Wakapolres Kompol Sudarmawan menggelar patroli di sejumlah kawasan yang dinilai rawan tempat nongkrong anakanak muda.

“Sampai saat ini Kulonprogo masih kondusif terutama kaitannya kejahatan jalan, nyaris tidak ada. Kami belum menemukan adanya kasus klithih. Meski demikian kami tetap lakukan antisipasi dengan menggelar patroli yang dilaksanakan Tim The Cops,” kata Tartono.

Sementara itu, Kompol Sudarmawan mengatakan, saat Tim Khusus ‘The Cops’ patroli pada Sabtu (15/02/2020) lalu, petugas berhasil menjaring sekelompok anak muda mengendarai sepeda motor yang knalpotnya blombongan. “Saat kami melintas di Stadion Cangkring hendak patroli di Pantai Glagah, kami melihat sekelompok anak muda kemudian kami lakukan pemeriksaan. Memang mereka tidak ada yang membawa senjata tajam, tapi ada lima sepeda motor yang knalpotnya blombongan dan tanpa spion sehingga petugas Satuan Lalu Lintas mengambil tindakan,” katanya.

Baca juga :

Jikustik Siap Ciptakan 14 Lagu Baru Sampai Februari
12 Pemkab Bahas Isu “Green Government” di UMY

Tim Khusus The Cops punya tugas pokok mengantisipasi kejahatan jalanan atau biasa disebut klithih. Sasaran utama tim tersebut anak-anak muda yang sedang nongkrong di pinggir jalan atau fasilitas umum sampai larut malam. Anak-anak muda yang nongkrong tersebut didatangi dan dilakukan pendekatan persuasif untuk mengetahui apakah di antara mereka ada yang membawa senjata tajam atau benda terlarang lain misalnya narkoba atau barang-barang haram lainnya.

Sudarmawan mengimbau masyarakat khususnya para orang tua agar lebih peduli terhadap anak-anaknya. Melakukan pemantauan secara ketat anaka-anaknya agar tidak salah bergaul apalagi sampai terjerumus ke hal-hal yang bersingungan dengan hukum. (M-4/Rul)

BERITA TERKAIT