Polsek Nanggulan Intensifkan Baksos

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Jajaran Polsek Nanggulan terus berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat, sebagai perwujudan fungsi pelayanan, penganyoman dan pengabdian. Berbagai kegiatan sosial, keagamaan, dan olahraga dilakukan agar tercipta kebersamaan antara polisi dengan masyarakat. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat agar tidak terjadi penyebaran Virus Corona.

Kapolsek Nanggulan Kompol L Ardi Hartana SH MH MM didampingi Kanit Binmas Iptu Martina dan Panit Binmas Ipda Siwi Setyaningsih, Senin (21/02/2022) menjelaskan sejak awal Februari 2022 pihaknya secara periodik melakukan kegiatan bakti sosial (baksos) dengan tujuan meringankan beban keseharian masyarakat akibat pandemi Covid-19. Sebagai salah satu garda depan dalam memutus penyebaran virus korona tidak hanya urusan medis (vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan), pihaknya juga membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Ardi Hartana menjelaskan salah satu kegiatan baksos yang mendapat respons positif dari sejumlah kalangan dilakukan pada Sabtu (12/02/2022) di Yayasan Sinar Cahaya Bathin Jatisrono Nanggulan. Kegiatan dipimpin Ketua Bhayangkari Ranting Nanggulan Ny Khotimah Ardi Hartana, diikuti seluruh jajaran Polsek Nanggulan.

Yayasan Sinar Cahaya Bathin dikenal dengan aktivitasnya menampung dan merawat anak-anak berkebutuhan khusus, yang dirasa pantas untuk mendapatkan bantuan. “Bantuan yang kita berikan berupa sembako (beras, gula, teh, dan susu), perlengkapan mandi (sabun, shampo, dan pasta gigi), dan alat-alat tulis.

Ardi Hartana menyampaikan, dalam setiap kegiatan bakti sosial pihaknya juga melibatkan tokoh masyarakat setempat. Hal itu perlu dilakukan agar terjadi ikatan emosional anatara petugas kepolisian, tokoh masyarakat, dan masyarakat.

Pihaknya menyadari peran serta berbagai elemen masyarakat bisa membantu kepolisian mewujudkan fungsi pelayanan, pengayoman, dan pengabdian. Mengenai kegiatan baksos, Ardi Hartana menyampaikan akan terus dilakukan dengan mempertimbangkan kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Karena itu, kegiatan berupa pelayanan kesehatan maupun vaksinasi akan diintensifkan dengan menyesuaikan program dan jadwal dari pemerintah. Prinsipnya, kepolisian siap mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi agar masyarakat terbebas dari virus korona. Dalam setiap kegiatan sosial, pihaknya mengikutsertakan semua potensi yang ada agar tercipta kebersamaan.

Menurut Ardi Hartana, di masa pandemi Covid-19 saat ini masyarakat harus disiplin menjalan protokol kesehatan (prokes) agar terhindar dari penyebaran virus korona. Penggunaan masker harus dibiasakan, baik di rumah maupun pada saat bepergian.

Selain itu, masyarakat harus membiasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan menghindari kerumunan. “Setiap kegiatan masyarakat yang berpotensi mengumpulkan massa harus berpedoman pada prokes,” ujar Ardi Hartana. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI