PPKM Mikro Optimal Tapi Tren Kasus Covid-19 Masih Tinggi

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Secara umum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di kabupaten ini sudah berjalan optimal. Hal tersebut terbukti dengan keberhasilan menekan zona merah. Mengacu data Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, status zona merah di tingkat Rumah Tangga (RT) nihil.

“Kalau kita bersama-sama melakukan penertiban ke kalurahan tentu lebih efektif. Edukasi ke masyarakat terus dilaksanakan. Walaupun, warga sekarang sudah disiplin menerapkan protokol Covid-19. Minimal pakai masker lah,” kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana di ruang kerjanya, Selasa (30/3/2021).

Diungkapkan, saat ini zona orange hanya terdapat di dua RT, masing-masing di wilayah Kapanewon Sentolo dan Panjatan. Sedangkan zona kuning berjumlah 240 RT dari 12 kapanewon yang ada di Kulonprogo.

Tentang Posko PPKM berbasis mikro di tiap kalurahan ungkap Wabup Fajar Gegana, berdasarkan catatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, petugas posko sudah melakukan tugasnya secara optimal. “Mayoritas sudah melakukan tugasnya. Tentang pemakaman jenazah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau probable. Mereka sudah bisa pemakaman sendiri, kendati Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo masih terus melakukan pendampingan,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI