Diresmikan Hari Ini, Presiden Jokowi: YIA Bandara Terbaik di Indonesia

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kecepatan pembangunan dan kemegahan Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA/ BIY). Kemegahan bandara baru tersebut tidak lepas dari peran Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang memiliki keahlian dalam desain arsitektur.

“Alhamdulillah, Bandara Internasional Yogyakarta telah selesai 100 persen. Bandara ini dikerjakan sangat cepat hanya 20 bulan. Pengerjaannya terbaik. Saat ini terbaik di Indonesia,” tegas Jokowi saat meresmikan YIA, Jumat (28/8).

Peresmian YIA dihadiri Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Direktur PT AP I Faik Fahmi.

Presiden Joko Widodo bersama rombongan tiba di YIA sekitar 09.15 WIB. Begitu turun dari pesawat Presiden disambut Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Kulonprogo Sutedjo dan Faik Fahmi.

Menurut Jokowo, dibandingkan dengan Bandara Adisutjipto yang panjang runway

-nya 2.200 meter hanya mampu didarati pesawat berbadan kecil, sementara landasan pacu YIA jauh lebih panjang yakni 3.250 meter bisa didarati pesawat jenis Airbus A380 dan Boeing 777.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi bercerita rencana awal pembangunan YIA. Saat itu dirinya menyampaikan ke Gubernur DIY, Sri Sultan HB X bahwa pemerintah pusat dan Pemda DIY bagi tugas. “Waktu itu saya minta bapak (Gubernur DIY) membebaskan lahan dan penanganannya. Kemudian yang terpenting arsitektur bangunan. Beliau detail dan mumpuni soal kearsitekan dan interior di sana,” tutur Presiden.

BERITA REKOMENDASI