Produk Kedaluwarsa dan Ikan Berformalin Ditemukan di Kulonprogo

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Ratusan kemasan produk makanan kedaluwarsa berhasil ditemukan petugas gabungan dalam pemeriksaan pada dua pasar yakni Pasar Kokap dan Pasar Menguri, Jumat (18/05/2018). Produk makanan kedaluwarsa yang ditemukan dari dua pedagang berbeda. Selain itu ditemukan pula ikan asin yang mengandung formalin.

Kasi Penyidikan dan Penindakan Sat Pol PP Kulonprogo Qomarul Hadi mengatakan, petugas gabungan terdiri Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP),  Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Pangan dan instansi terkait. "Pemeriksaan bahan pangan selama bulan Ramadan akan intensif dilakukan di sejumlah pasar tradisional. Pemeriksaan ini dalam upaya menegakkan UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan serta UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan," ujarnya.

Terkait makanan kedaluwarsa, dijelaskan  Nurma Yola dari Staff Farmasi Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Kulonprogo, ditemukan di Pasar Kokap, dari satu pedagang ditemukan puluhan kemasan makanan dan minuman kedaluarsa, serta di Pasar Menguri, ditemukan ratusan sachet bumbu instan kedaluwarsa dari satu pedagang.

"Produk yang kedaluwarsa tidak boleh dijual oleh pedagang. Ratusan kemasan makanan dan minuman kedaluwarsa diminta untuk ditukarkan kepada distributornya. Selain itu kami juga mengimbau agar kedua pedagang selalu memeriksa terlebih dahulu produk yang diterima, agar lebih awal diketahui kedaluwarsa dan tidaknya," kata Nurma.

Petugas menemukan pula ikan asin yang mengandung formalin. Dari dua sampel ikan asin dari dua pedagang berbeda dinyatakan positif mengandung formalin. "Kedua sampel ikan mengandung formalin adalah ikan teri kepala seberat 2 ons dan ikan blebekan 4 ons. Kami minta kepada pedagang agar mengembalikan kepada salesnya," tambah Qomarul.

Baik pedagang kelontong maupun pedagang ikan mengaku tidak tahu kalau produk yang dijualnya sudah kedaluwarsa maupun mengandung formalin. "Tidak tahu kalau sachet bumbu yang baru saya beli sudah memasuki masa kedaluwarsa awal Mei 2018. Kami akan menukarkan pada sales," kata Ny Rubi. (Wid)

BERITA REKOMENDASI