Proyek Tol Segera Dibangun, Pemkab Kulonprogo Siapkan Sosialisasi

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Proyek pembangunan jalan tol Solo – Yogyakarta – Kulonprogo sepanjang 96,574 kilometer (km) yang menghubungkan tujuh kabupaten di Jawa Tengah – DIY tersebut akan segera dimulai.

Direktur Teknik PT Jalan Tol Solo Yogyakarta YIA Marga Makmur, Pristi Wahyono mengatakan ruas jalan tol tersebut dibagi menjadi tiga sesi pembangunan dengan pembebasan lahan dan rencana konstruksi Seksi 1 (SS Kartasuro- SS Purwomatani) pada November 2020-Juni 2023, Seksi 2 (SS Purwomartani- SS Gamping) pada Mei 2021- Juni 2024, dan Seksi 3 (SS Gamping- Exit Purworejo) Juli 2022-Desember 2024.

“Saat ini tiga Kabupaten di Jawa Tengah sudah pemberkasan dan inventarisasi. Karanganyar, Boyolali pada tahap pematokan dan mulai pengukuran bidang oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Klaten masih menunggu penetapan lokasi (penlok),” katanya saat audiensi dengan Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo bersama jajarannya di Ruang Rapat Menoreh kantor bupati setempat, Jumat (18/9).

Hadir dalam audiensi perwakilan Konsorsium PT Daya Mulia Turangga, PT Gama Group, PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk sementara Bupati Sutedjo didampingi Asisten Daerah II Bidang Perekonomian dan Pembangunan dan Sumber Daya Alam Ir Bambang Tri Budi Harsono, Kepala Dinas PUPKP Ir Gusdi Hartono MT serta Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PTR) R Heriyanto SH.

Pristi Wahyono mengungkapkan, ada dua teknik pembangunan ruas jalan tol Solo – Yogyakarta. Dari total 60 km, sebanyak 15 km dibangun di atas tanah. Sementara sisanya, sekitar 45 km dibangun melayang.

BERITA REKOMENDASI