Puluhan Karya Perupa Kulonprogo Dipamerkan di TBK

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kulonprogo bersama Forum Seni Rupa Kulonprogo menggelar pameran seni rupa di Exhibition Hall Taman Budaya Kulonprogo (TBK). Pameran akan berlangsung selama sembilan hari, yakni pada 21-29 November 2020.

Kepala Kundha Kabudayan Kulonprogo, Niken Probolaras mengatakan‎ dalam pameran ditampilkan puluhan karya perupa mulai dari lukisan, benda cagar budaya, buku, koin kuno dan sebagainya. Sebagian merupakan karya dua dimensi, sebagian lainnya tiga dimensi.

“Kami berharap pameran ini bisa menjadi ajang silaturahmi para perupa Kulonprogo. Selain itu, juga merupakan media apresiasi dan promosi karya seni rupa Kulonprogo,” kata Niken, Senin (23/11/2020).

Ia menambahkan, pameran tersebut diikuti 40 perupa yang menampilkan 55 karya. Tema yang diangkat adalah Kayon, bermakna gunungan dalam wayang Purwo, sebagai simbol bagian penting untuk membuka dan menutup kisah besar manusia.

Lantaran digelar dalam masa pandemi Covid-19, pameran seni rupa Kayon disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat. Masyarakat umum yang akan mengunjungi pameran harus mendaftar terlebih dahulu ke nomor 081237382900.

Konfirmasi dari admin kemudian ditunjukkan sebagai tiket masuk. Dalam satu hari, jumlah pengunjung pameran hanya dibatasi 80 orang, dibagi dalam empat sesi, mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

“Pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dicek suhu tubuhnya serta menjaga jarak aman,” tegas Niken.

Ketua Forum Seni Rupa Kulonprogo, Samsuri Nugroho menambahkan, karya yang ditampilkan merupakan terbaik dari para perupa. Pihaknya berharap, ke depan Kulonprogo bisa menjadi kota seni rupa Indonesia. “Hal ini tidak mustahil jika melihat perkembangan Kulonprogo,” katanya.‎ (Unt)

BERITA REKOMENDASI