Relawan Harus Peka dan Jangan Takut Melapor

KULONPROGO (KRjogja.com) – Relawan pengawas harus peka menangkap pelanggaran dan jangan takut untuk menginformasikan kepada Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas). Sebab nantinya yang akan menindaklanjuti bukan relawan, namun   Panwas.

"Relawan ini merupakan informan bagi kita, untuk itulah seorang relawan selain tahu regulasi, juga harus mempunyai kepekaan, ketajaman, dan berani melaporkan segala pelanggaran yang ada," kata Komisioner Panwas Kabupaten Kulonprogo Ria Harlinawati SIP MA ketika menjadi narasumber "bimbingan teknik pengawasan partisipatif", di aula Adikarto atau Gedung Kaca Wates, Kamis (03/11/2016). Bimtek diikuti 88 relawan pengawas dari mulai pemilih pemula, organisasi masyarakat (ormas) maupun perguruan tinggi.

Terkait kebutuhan relawan, lebih lanjut Ria menjelaskan, Panwas menargetkan minimal 1.000 orang, dan kini sudah ada 903 orang. "Saat ini yang dibimtek baru 88 orang terkait regulasi-regulasi dalam pilkada, sehingga relawan tidak sekedar relawan tapi harus tahu regulasi yang ada," tandasnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI