Rencana Pembangunan Kantor Pemkab Perlu Dilanjutkan

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO (KRjogja.com) – Sejumlah anggota DPRD Kulonprogo minta eksekutif melakukan pengkajian lebih mendalam terhadap rencana pembangunan kantor pemkab terpadu di Pedukuhan Kroco dan Blumbang Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih. Jika tujuannya baik untuk pengembangan kota dan agar pelayanan kepada masyarakat lebih efektif serta untuk menambah aset daerah maka rencana pembangunan infrastruktur milik pemerintah tersebut perlu dilanjutkan.

"Pemkab hendaknya melakukan kajian mendalam, terutama kaitannya dengan tanah Paku Alaman Ground yang selama ini dipakai untuk kompleks Pemkab Kulonprogo," kata anggota DPRD setempat, Suharmanta, Senin (05/12/2016).

Demikian juga Ketua Komisi III DPRD setempat, Hamam Cahyadi, minta agar ada kajian dan kelayakannya. Tahapan rencana pembangunan agar dilalui dengan runtut serta melakukan pendekatan yang baik dengan masyarakat.

"Kantor terpadu akan memudahkan pelayanan masyarakat. Tapi sebelumnya eksekutif harus memberikan pemahaman sebaik baiknya kepada masyarakat bahwa dengan adanya kantor di wilayah tidak subur ke depan nanti tentu jadi daerah ramai, sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Perluasan kota akan berdampak pula pada investasi," tandas Ketua Komisi II Muhtarom Asrori.

Secara terpisah Bupati petahana dr Hasto Wardoyo menegaskan, rencana memindah kantor Pemkab Kulonprogo ke Kroco dan Blumbang Pengasih bertujuan baik. Selain untuk pengembangan Kota Wates juga untuk lebih mengefektifkan pelayanan kepada masyarakat. "Tapi kalau warga tidak setuju dengan rencana pemkab tersebut maka bisa saja kantor yang sekarang ada dibangun tingkat sehingga jadi kantor pemkab terpadu," terang dr Hasto. (Rul)

BERITA REKOMENDASI