Rendah, Minat Pria Ikut KB

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDP2KB) Kulonprogo Sudarmanto SIP menegaskan, meski saat ini minat kaum pria di kabupaten ini mengikuti Program Keluarga Berencana (KB) dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) masih rendah.

Tapi pihaknya meyakini keikutsertaan para pria nanti tetap meningkat, seiring munculnya metode-metode baru pencegahan kehamilan yang dikeluarkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.”Ya dibanding dengan kaum perempuan, keikutsertaan pria dalam ber-KB lewat berbagai metode jangka panjang seperti vaksetomi dan suntik memang masih sangat minim,” kata Sudarmanto, Minggu (6/12).

Diungkapkan, sesuai data 2019, prosentase pria mengikuti program KB hanya 10 persen sementara kaum perempuan mencapai 70 persen. Sisanya 20% sama sekali tidak mengikuti program tersebut. “Keikutsertaan KB pria di Kulonprogo masih rendah apalagi pada masa pandemi seperti sekarang. Aspek partisipasi yang masih rendah tersebut kami dorong dari aspek perempuan,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI