Rumah Suwardi Ludes Dilalap Api

KULONPROGO (KRjogja.com) – Rumah milik Suwardi (57) di Dusun Dangsambuh, Desa Kebonharjo Kecamatan Samigaluh Kulonprogo, Selasa (23/8/2016), ludes dilalap api. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian material diperkirakan lebih dari Rp 50 juta. Hingga kini, polisi masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Informasi yang dihimpun wartawan di lokasi kejadian menyebutkan, peristiwa kebakaran ini pertama kali diketahui tetangga korban, Sumaryanto (50). Sekitar pukul 07.30 WIB, ia keluar rumah untuk mencari rumput.

"Tiba-tiba saya mendengar suara gemeretak yang disertai kepulan asap hitam membubung tinggi. Saya kaget karena suaranya cukup keras," katanya.

Sumaryanto kemudian mendekat ke sumber suara dan mendapati rumah Suwardi sudah dilalap api. Ia langsung berteriak minta tolong.

"Warga lalu berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun gagal. Rumah Pak Suwardi beserta isinya ludes dilalap api," ungkapnya.

Peristiwa kebakaran tersebut sudah berusaha direspon Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kulonprogo. Namun jarak yang cukup jauh serta lokasi rumah yang berada di ketinggian, membuat petugas terlambat tiba di tempat kejadian.

"Angin berhembus kencang hingga membuat kobaran api cepat membesar. Terlebih, rumah korban terbuat dari kayu dan bambu yang mudah terbakar," kata Anggota TRC BPBD Kulonprogo, Sinardi.

Ketika tim sampai di lokasi kejadian, rumah Suwardi sudah habis dilalap api. Petugas Polsek Samigaluh juga datang ke lokasi untuk melakukan olah TKP. (Unt)

 

BERITA REKOMENDASI