Rutan Wates Deteksi Dini Pengecekan Instalasi Listrik

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA. com – Tim Satgas Kamtib dan Tim Intelijen Rutan Kelas IIB Wates mendeteksi dini pengecekan instalasi listrik potensi kerawanan gangguan keamanan dan ketertiban di rutan setempat. Pengecekan pada Kamis (09/09/2021) tersebut merupakan agenda rutin untuk mencegah terjadinya konsleting arus listrik yang menyebabkan terjadinya gangguan kamtib.

“Selain itu juga sebagai tindak lanjut surat edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) untuk seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis agar melakukan deteksi dini terhadap sarana dan prasarana. Yakni pemeriksaan dan penertiban jaringan arus listrik di seluruh blok hunian, dapur dan ruang sarana kerja atau bengkel kerja kami,” ungkap Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto.

Karutan Wates beserta jajaran juga menyampaikan rasa duka cita atas peristiwa kebakaran di Lapas Klas 1 Tangerang. Musibah kebakaran di Blok C Lapas Kelas 1 Tangerang terjadi pada Rabu (08/09/2021) sekitar pukul 01.45 WIB yang menewaskan 41 narapidana. Penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek listrik.

Deny menuturkan, pengecekan instalasi listrik ini dilakukan di seluruh lingkungan Rutan Kelas IIB Wates seperti box instalasi listrik di Ruang Karupam, genset, instalasi dapur, instalasi area masjid, instalasi blok hunian, instalasi tembok keliling, dan instalasi area pos menara.

“Dari hasil pengecekan ini masih terdapat beberapa kabel yang sudah rusak. Pengaturan jalur instalasi kabel harus lebih diantisipasi agar tidak terjadi arus pendek yang berpotensi mengakibatkan kebakaran,” ujarnya.

Ditambahkan Deny, dalam menindaklanjuti hasil temuan itu dilakukan penggantian kabel dan viting yang rusak serta kabel yang tidak memenuhi syarat, sehingga risiko konsleting listrik tidak terjadi.

“Pengecekan instalasi listrik ini akan dilakukan secara berkala, sehingga tidak berpotensi menimbulkan gangguan kamtib di rutan yang diakibatkan dari konsleting listrik yang mana dapat menyebabkan risiko terjadi kebakaran. Selain jalur kelistrikan, juga dipastikan dan diperiksa Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berfungsi dengan baik,” pungkas Deny. (Wid)

BERITA REKOMENDASI