Salut! Warga Sonyo Tetap Hidup Rukun Meski Berbeda Keyakinan

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJogja.com – Pihak Kepolisian Resort (Polres) Kulonprogo memuji kerukunan hidup beragama yang diterapkan warga Padukuhan Sonyo, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo.

“Sikap saling menghormati yang dikembangkan warga Sonyo luar biasa. Kendati mayoritas warganya beragama Islam dan Budha tapi kerukunan hidup antarwarga di Pedukuhan Sonyo terjalin baik,” kata Ps Kanit III Satintelkam Polres setempat, Aipda Rofik Nasrulloh di sela bakti sosial (baksos) penyaluran sembako dan sosialisasi menjaga kerukunan umat beragama dan mencegah paham radikalisme/ intoleransi di Sonya, Senin (14/6/).

Ditegaskan, kerukunan antarwarga hendaknya terus dipertahankan. Kondisi tersebut menjadi kunci mewujudkan suasana keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif. Bantuan sembako yang diberikan sebagai bentuk kepedulian pihak kepolisian dalam meringankan beban warga di masa pandemi Covid-19. Untuk mencegah penularan Covid-19, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Aipda Rofik mengajak tokoh agama Islam dan Budha berperan aktif mencegah masuknya paham radikalisme, terorisme dan intoleransi yang bisa menimbulkan konflik sosial masyarakat. “Kalau ada pendatang yang mencurigakan silahkan melapor, kami siap berkoordinasi,” jelasnya.

Tokoh muslim Pedukuhan Sonyo, Suparno mengatakan, kendati selama ini kerukunan hidup warga sudah terjalin baik tapi pihaknya berharap ada dukungan dan pendampingan kepolisian dalam menjaga kerukunan hidup warga.

BERITA REKOMENDASI