Sambut Natal, Lima Gereja Prioritas di Kulonprogo Steril

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Guna memastikan keamanan seluruh area gereja dari hal-hal yang tak diinginkan, Tim Penjinak bom (Jibom) Gegana Satuan Brimob Polda DIY bersama jajaran Polres Kulonprogo Polda DIY melakukan sterilisiasi dan pemeriksaan di lima gereja prioritas.

Komandan Subden Jibom Gegana Satuan Brimob Polda DIY, AKP Suripto menyampaikan, sterilisasi dilakukan guna memastikan seluruh area gereja aman dari benda-benda mencurigakan. Sterilisasi dan pemeriksaan menggunakan kamera endoscope, tongkat cermin dan metal detector.

Sterilisasi dilakukan di lima gereja prioritas di Kulonprogo, yakni Gereja Santa Theresia Lisieux Boro Kalibawang, Gereja Santa Maria Tak Bercela Nanggulan, Gereja Santa Maria Materdei Bonoharjo Sentolo, Gereja Kristen Jawa (GKJ) Wates dan Gereja Santa Maria Bunda Penasihat Baik Wates. 

“Dari hasil pemeriksaan semuanya aman tidak ada hal-hal yang mencurigakan. Kami mengimbau majelis gereja agar waspada terhadap adanya orang tak dikenal. Sedangkan bagi jemaat agar tak membawa ransel besar atau mengenakan jaket yang dapat menimbulkan kecurigaan,” kata AKP Suripto, Senin (23/12/2019). 

Sementara Pengurus Dewan Paroki Gereja Santa Maria Bunda Penasihat Baik Wates, Edy Jatmiko, Selasa (24/12/2019) mengatakan, adanya sterilisasi dari pihak Kepolisian memberi rasa aman dan kenyamanan bagi para jemaat dalam melaksanakan ibadah Natal. 

“Kami juga telah mengantisipasi kerawanan pada saat jemaat beribadah. Pengamanan dilakukan sejak H-1, mulai dari persiapan hingga kegiatan ibadah yang dilaksanakan sebanyak dua kali pada 24 Desember malam dan 25 desember pagi,” jelasnya.

Di masa liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo juga melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramp check kendaraan angkutan umum di Terminal Wates, Senin (23/12/2019). 

Pemeriksaan kelaikan kendaraan, meliputi kelaikan fisik dan kelengkapan surat-surat kendaraan. Pada waktu bersamaan para sopir angkutan umum menjalani pemeriksaan kesehatan dari petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo. 

“Di prediksikan ada peningkatan penumpang di liburan Nataru. Dishub perlu melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang,” ujar Kepala Dishub Kulonprogo L Bowo Pristiyanto di Terminal Wates.

Menurutnya, jenis angkutan umum yang menjalani pemeriksaan kelaikan kendaraan meliputi kendaraan Angkutan Pedesaan (Angkudes), bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kepala Seksi Pengelolaan Terminal Wates dan Jombor, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Yuniarti menyatakan mempersiapkan 22 petugas menghadapi peningkatan penumpang arus mudik Nataru di Terminal Wates.(M-4/Ras)

BERITA REKOMENDASI