Sampah Kiriman dari Bogowonto Penuhi Pantai Kulonprogo

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sampah kiriman terbawa banjir dari Sungai Bogowonto dan Sungai Progo menyulitkan para nelayan sepanjang pantai laut selatan Kulonprogo mendapat tangkapan ikan. Setiap mengangkat jaring dipenuhi dengan sampah.

Kastubi (58) salah seorang nelayan di Pantai Congot mengungkapkan sejak ada sampah kiriman banjir Sungai Bogowonto, ikan hasil tangkapan para nelayan mengalami penurunan cukup drastis. Setiap mengangkat jaring eret yang ditebar di pinggiran pantai tidak mendapatkan ikan.

”Sejak ada banjir membawa sampah, nelayan sulit mendapatkan ikan. Setiap menangkap ikan yang didapatkan sampah tersangkut di jaring. Sampah mempengaruhi hasil ikan tangkapan nelayan,” ujar Kastubi.

Menurutnya, sejak pertengahan Desember 2020, Pantai Glagah sudah mendapat sampah kiriman banjir dari Sungai Bogowonto. Sampah terus bertambah memenuhi wilayah tangkapan nelayan dan pantai.

Banjir di awal Januari juga membawa sampah. Sampah yang terbawa arus banjir sungai ke perairan laut, terbawa gelombang ke daratan di sepanjang pantai selatan Kulonprogo.

BERITA REKOMENDASI