Sample Tanah Untuk Ruas Jalan Tol Diuji Lab

PENGASIH (KRjogja.com) – Sample atau contoh tanah yang diambil petugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dari Pedukuhan Cekelan Desa Karangsari Kecamatan Pengasih telah di bawa ke Bandung Jawa Barat untuk diuji laboratorium.

"Tiga hari petugas melakukan pengeboran untuk mendapatkan contoh tanah yang akan dilewati jalan tol Cilacap – Semarang. Hasil uji labnya baru bisa diketahui dua bulan lagi," kata pemilik lahan yang dibor petugas, Harno, Senin (26/12/2016).

Sementara mbah Tukiran mengungkapkan di Pedukuhan Cekelan ada dua lokasi yang dibor petugas untuk mendapatkan sample tanah pada 18 Desember lalu yakni di utara rel dan di dekat kandang ayam milik Harno. "Informasinya petugas juga mengambil contoh tanah di Pedukuhan Ngruno, Karangsari," ujarnya.

Harno mengungkapkan ada tujuh petugas yang melakukan pengeboran menggunakan mesin diesel dengan kedalaman 10 meter.
"Setiap kedalaman satu meter petugas mengambil sample-nya, sehingga ada sepuluh tabung sample tanah yang petugas bawa dari lahan saya," ujarnya.

Dilihat dari lubangnya, petugas menggunakan mata bor berdiameter sekitar empat inci. Saat Harno dan Tugiran mencoba menjatuhkan batu ke dalam lubang tersebut terdengar ada suara air di bawah.
Warga menanggapi dingin pengambilan sample tanah di wilayah mereka. Lantaran hingga saat ini belum ada sosialisasi baik dari Kementerian PUPR maupun Pemkab Kulonprogo. Sehingga warga menganggap hal tersebut baru sebatas wacana.

"Petugas memang sempat menunjukkan gambar ruas jalan tol Cilacap – Semarang. Tapi karena sampai sekarang belum ada sosialisasi, berartikan masih wacana kalau pun terlaksana pasti waktunya masih lama," ujar Harno.

Berdasarkan gambar yang ditunjukkan petugas Kementerian PUPR kepada warga, ada dua pintu jalan tol yakni di dekat Kantor Pengadilan Agama di Pedukuhan Tambak Desa Triharjo Kecamatan Wates dan satu lagi di wilayah Kecamatan Sentolo. "Saya sempat melihat dan memfoto gambar ruas jalan tol Cilacap – Semarang," akunya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI