Sastra-Ku dan Dinas Pusip Bedah Novel “Zellda dan Bhama”

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Komunitas Sastra-Ku bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Kabupaten Kulonprogo menggelar bedah buku novel berjudul Zellda dan Bhama, Selasa (11/01/2022) di Aula Dinas Pusip. Novel karya Gita Linggar, penulis remaja asli Kulonprogo itu dibedah oleh Siwi Nurdiani yang dipandu Ragil Prasedewo dan dihadiri oleh sejumlah pegiat sastra lintas komunitas dan pustakawan dari Dinas Pusip.

Menurut Siwi, novel setebal 174 halaman itu secara tema memang agak klise, yakni berisi kisah remaja. Namun penulis mampu menunjukkan ekspresi dirinya. Ekspresi tersebut tergambar pada tokoh Zellda, pribadi yang punya karakter moderat tapi merdeka.

“Penulis begitu apik menggambarkan sosok Zellda. Bahwa di tengah pergaulan global, tokoh utama perempuan dalam novel ini masih menyimpan sisi moderat. Barangkali ini gambaran generasi milenial yang tidak kehilangan akar budayanya sendiri,” ungkap Siwi.

Sementara Tri Apriyadi, koordinator penyelenggara mengatakan, pihaknya yakni Komunitas Sastra-Ku bersama Dinas Pusip ke depan secara rutin akan menggelar bedah buku secara luring. Buku yang dibedah terutama karya penulis Kulonprogo.

“Jika di masa pandemi kami gelar secara daring, mulai Desember tahun kemarin telah kita mulai bedah buku secara luring,” jelas Tri. (Wid)

BERITA REKOMENDASI