Satpol PP Temukan Ikan Berformalin

WATES (KRjogja.com) – Operasi yang dilakukan Tim Terpadu di Pasar Lama Sentolo mendapati  3 kilogram teri/ikan petek/ikan asin berformalin dan beberapa bungkus bumbu makanan yang kedaluwarsa, Senin (15/8/2016). 

Ikan teri, petek, dan ikan asin sebanyak tiga kilogram didapat dari pedagang yang katanya beli dari pedagang di Pasar Beringharjo Jogja. Sedangkan dari satu toko didapati bumbu masak kedaluwarsa. 

Kepala Satpol PP Kulonprogo Duana Heru Supriyanta menjelaskan semua tidak disita, pedagang diminta  mengembalikan atau retur. Ikan teri dibelidari  Beringharjo dan sudah dilaporkan ke Pengawasan DIY, supaya pedagang di Beringharjo tidak memproduksi lagi yang mengandung formalin.

Menurut Duana, kegiatan tersebut dalam rangka mengawasi aktivitas berdagang baik bahan mentah maupun jadi/olahan jangan sampai membahayakan konsumen, apakah itu mengandung boraks, formalin maupun kedaluwarsa.  "Sudah dilakukan rutin saja masih ada temuan, apalagi kalau jarang dilakukan. Ini juga sebagai upaya penegakan Undang-undang No.8/1999 tentang perlindungan konsumen, UU No.18/2012 tentang pangan, dan UU No.36/2009 tentang kesehatan," katanya.

Duana menambahkan, peredaran ikan berformalin saat cuaca hujan atau mendung seperti ini cenderung lebih rawan, sebab kurangnya sinar matahari akan mengacaukan proses pengeringan maupun pengawetan, dan kondisi tersebut disiasati oleh oknum memakai formalin. (Wid) 

 

 

BERITA REKOMENDASI