Satpol PP Tertibkan Tenda Barat Alun-alun Wates

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Kulonprogo menertibkan belasan tenda milik Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) di sisi barat Alun-Alun Wates, Selasa (28/06/2022). Tenda-tenda tersebut melanggar Perda Nomor 4 tahun 2013 tentang Ketertiban Umum.

Dikatakan Kasi Pengendalian dan Operasional Bidang Ketertiban Umum, Satpol PP Kulonprogo, Sartono SSos bahwa kawasan Alun-alun Wates untuk masyarakat secara umum dan tidak hanya untuk kuliner saja. Kuliner tetap diperbolehkan dengan tenda sistem bongkar pasang. “Semestinya tenda ini dengan model bongkar pasang. Tapi ini sudah beberapa bulan tidak dibongkar,” ujarnya.

Menurut Sartono, penertiban ini merupakan penegakan Perda 4 tahun 2013 tentang Ketertiban Umum. Sebelum dibongkar telah disampaikan dalam forum rapat dengan mengundang perwakilan pedagang dan paguyuban pedagang agar dilakukan dengan model bongkar pasang. Kenyataannya sejak disampaikan tidak ada upaya dari pedagang membongkar, sehingga mengganggu keindahan.

Sartono menyatakan pihaknya sudah toleransi, namun tetap tidak dibongkar. Hal ini menjadikan iri pedagang di sisi yang lain. “Tenda-tenda tersebut seyelah ditertibkan dikumpulkan, dan bisa diambil kembali pedagang melalui paguyuban. Satpol PP belum akan melakukan penindakan secara yustisi,” pungkasnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI