Satu Lagi Tambah dari Klaster Lendah

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Jumlah warga terpapar Corona di Kulonprogo bertambah. Setelah muncul Klaster Lendah, kini jumlah penderita dari klaster ini tambah 1 lagi yakni KP-28 perempuan (11) warga Kapanewon Lendah. Anak ini merupakan hasil swab massal yang dilaksanakan 24 dan 25 Juli.

“Swab massal dilaksanakan pada Klaster Lendah, dimana klaster ini sudah mengenai 3 keluarga yang berasal dari dua desa. Klaster Lendah diduga diawali dari KP-24 yang merupakan driver Bandung – Yogya dan sudah menularkan kepada lingkungannya dan dihasilkan dari 28 kontak erat dari 2 desa di Kapanewon Lendah, ditemukan 6 kasus lain yang positif,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, drg Baning Rahayujati MKes, Selasa (28/07/2020).

Penemuan pertama dimulai dari KP-19 yang telah sembuh dan dirawat 14 hari di RS swasta di Bantul. Enam kasus lain dari kontak kasus KP-24 saat ini masih dirawat di RSUD Wates dalam kondisi tanpa gejala atau sangat ringan. Sehingga saat ini di Kulonprogo saat ini masih dirawat 8 orang, 6 Klaster Lendah ditambah KP-13 sudah dirawat sejak 20 Juni dan KP-27 sejak dirawat 24 Juli di RSUD NAS. Dari 28 kasus tersebut, 20 diantaranya sudah sembuh atau 71 persen kesembuhannya.

“Kasus terbanyak di Kabupaten Kulonprogo adalah dari Kapanewon Lendah ini ada 10 kasus dan diikuti Sentolo 5 kasus. Dengan masih bertambahnya kasus di Kulonprogo menunjukkan bahwa penukaran Covid-19 masih ada. Maka mohon masyarakat taat melaksanakan protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak satu dengan yang lain satu meter, cuci tangan, dan tingkatkan daya tahan tubuh,” tandasnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI