Selamat! Hari Ini Bandara Baru YIA Operasional Penuh

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Bandara Internasional Yogyakarta atau ‘Yogyakarta International Airport’ (BIY/YIA) hari ini akan beroperasi penuh, Minggu (29/3). Setidaknya ada 136 pergerakan pesawat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta (Ads) akan pindah ke YIA.

Sejak beroperasi terbatas pada Mei 2019 di YIA sudah ada 32 pergerakan pesawat. Otomatis dengan adanya penambahan 136 pergerakan dari Ads tersebut, maka di YIA saat beroperasi penuh akan ada 168 pergerakan. Terdiri dari 84 pesawat yang ‘landing’ dan 84 pesawat ‘take off’.

Hal tersebut dijelaskan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam jumpa pers melalui virtual press conference

dengan media di Area Among Bocah Ruang Tunggu Kedatangan YIA, Sabtu (28/3). Di karenakan saat ini di Indonesia sedang ada wabah Covid-19, maka proses pemindahan tidak dilakukan sekaligus. Melainkan bergelombang dan sudah dimulai sejak tanggal 20 Maret 2020 kemarin.

“Itu kami lakukan demi keamananan dan keselamatan bersama. Mengingat saat ini kita sedang berjuang untuk melawan Covid-19. Maka kita harus melakukan mitigasi dan berupaya untuk menghindari penyebaran virus. Kami juga sudah berkoordinasi dengan ‘stakeholder’ mengenai hal ini,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI