Sepuluh Guru di Kulonprogo Positif Covid-19

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sepuluh guru di salah satu SMP di wilayah Kapanewon Wates Kabupaten Kulonprogo terkonfirmasi Covid-19. Kasus ini berawal ketika salah satu guru menderita sakit. Kini para guru tersebut menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

“Kami klarifikasi ke Puskesmas Wates memang betul di salah satu SMP di Wates ada 10 guru terkonfirmasi. Diketahui kasus muncul 26 Mei 2021, saat salah satu guru menjalani rawat inap di rumah sakit di Wates dengan hasil antigen positif termasuk istrinya,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kulonprogo, drg Baning Rahayujati MKes kepada KRJOGJA.com, Jumat (11/06/2021).

Dijelaskan, Dinas Kesehatan sudah melakukan tracing terhadap kontak erat 10 kasus itu dan hasilnya ada tambahan 5 kasus baru, yang seluruhnya merupakan keluarga kasus positif. Dari kasus tersebut terdapat 5 anggota keluarga dari kasus positif, sehingga jumlah 15 orang. “Tracing masih berjalan dan menyebar di wilayah Kapanewon Pengasih, Kokap, Galur, dan Wates,” ucapnya.

Menurut Baning, sampai saat ini tak ada guru lain di sekolah itu yang masuk radar kontak erat kasus. Ini karena adanya pemberlakuan sistem shift oleh sekolah, sehingga tak semua guru bertemu dalam satu waktu. Dari total 37 guru,10 yang positif, sisanya tidak masuk kontak erat karena memang tidak pernah ketemu langsung.

“Kami pastikan tak ada siswa yang ditracing, sebab sekolah itu tidak masuk dalam sekolah yang ditunjuk Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) uji coba pembelajaran tatap muka (PTM),” ujar Baning sambil menambahkan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran, Satgas sudah melakukan disinfeksi di sekolah dan kegiatan sekolah dibatasi ketat. (Wid)

BERITA REKOMENDASI