Siapkan Tenaga Kerja Berkualitas, Perumda Tirta Binangun Kerjasama Dengan SMKN 2 Pengasih

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kulonprogo mendukung penuh kerja sama yang dijalin Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kulonprogo dan SMK Negeri 2 Pengasih. Kepala Balai Dikmen setempat Rudy Prakanto SPd MEng minta manajemen perusahaan daerah tersebut juga menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah lain, sehingga para alumni semakin memiliki ‘skill’ dan upaya pemberdayaan tenaga kerja lokal semakin maksimal.

“Mudah-mudahan kerjasama yang ditandatangani hari ini bisa dilakukan juga di sekolah-sekolah lain sehingga membantu proses pembelajaran di SMK. ‘Ending’nya potensi yang ada bisa terserap di dunia usaha industri. Sehebat apapun sekolah, kalau lulusannya tidak mampu diserap di dunia kerja maka itu sebuah ke sia-siaan,” kata Rudy usai menyaksikan penandatanganan ‘Memorandum of Understanding’/ MoU oleh Dirut Perumda Air Minum Tirta Binangun H Jumantoro SE dan Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Pengasih, Sumarno di aula sekolah setempat, Kapanewon Pengasih, Selasa (26/1).

Sementara itu Dirut Perumda Air Minum Tirta Binangun, Jumantoro mengatakan, pihaknya menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 2 Pengasih sebagai wujud dukungan terhadap upaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas sekaligus mendukung perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan di Kulonprogo.
Sejumlah program akan dilaksanakan pascapenandatanganan MoU, Praktek Kerja Lapangan, Teaching Industri, Guru Tamu dan hingga perekrutan tenaga kerja. “Kami mengajak SMK Negeri 2 Pengasih untuk menyediakan SDM yang dibutuhkan Perumda Air Minum Tirta Binangun, untuk menjawab tantangan kebutuhan pada masa mendatang. Ke depan seiring pesatnya pembangunan di Kulonprogo kami ingin SDM yang profesional sekaligus didukung sekolah yang juga profesional dan mumpuni sehingga mampu menjawab tantangan kami ke depan,” terang Jumantoro.

Jumantoro menegaskan, pihaknya tidak ingin menyediakan SDM sendiri dan sebaliknya bersama sekolah-sekolah menyiapkan SDM untuk memudahkan perekrutan karyawan berkualitas. “Kami berharap lulusan SMK Negeri 2 Pengsih bisa kami rekrut menjadi pegawai Perumda Air Minum Tira Binangun. Ending

nya itu,” tegas Jumantoro menambahkan setelah MoU akan ada langkah-langkah nyata.

BERITA REKOMENDASI