Siswa SDN Kemukus Ikuti Edukasi Membatik

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sejumlah siswa SDN Kemukus mengikuti kegiatan edukasi membatik, di Rumah Makan Omah Cantrik Turus Tanjungharjo Nanggulan. Kegiatan tersebut dikemas dalam program Cantrik Mbatik melalui Acara Kulonprogo Berbudaya.
Salah satu guru SDN Kemukus, Nurul Hidayah SPd menyampaikan, para siswa ini bergabung dengan siswa dari sekolah lain. “Hal ini akan menjadi pengalaman berharga bagi mereka. Anak-anak menjadi tahu bagaimana proses membatik sebagai warisan budaya. Acara ini tentu juga sebagai upaya melestarikan budaya membatik tersebut,” imbuh Nurul.
Guru Pendamping yang lain, Muthammimah SPdI menyebutkan bahwa lima anak yang terpilih mewakili SDN Kemukus antara lain: Indira Budi Farida, Shinta Anggraini Kusumaningrum, Vica Anggraeni, Alifah Nagita Slavina, dan Najwa Asyilaa Nur Malika. “Mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan edukasi membatik ini,” tuturnya, Selasa (28/06/2022).
Salah satu peserta, Najwa Asyilaa Nur Malika mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. “Senang bisa belajar membatik. Kami juga mendapat hiburan tarian dan sulap,” ucap Najwa.
Secara terpisah Kepala SDN Kemukus, Peni Nuryati SPdSD mendukung penuh keikutsertaan siswanya dalam acara tersebut. “Kami mendukung penuh kegiatan ini. Hal itu sebagai upaya melestarikan budaya membatik. Juga untuk memperkenalkan anak-anak pada budaya batik sebagai upaya pelestarian,” tegasnya.  (Wid)

BERITA REKOMENDASI