Sleman Raih Penghargaan Kearsipan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Penyelenggaraan kearsipan di Kabupaten Sleman masuk tiga besar nasional mendapatkan nilai dengan kategori ‘B’ atau Baik berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2019. Penghargaan diserahkan oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Rini Widyantini kepada Bupati Sleman Sri Purnomo, di Padang Sumatera Barat, Rabu (27/02/2019).

Kepada wartawan, Bupati Sri Purnomo mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja dengan baik dan profesional sehingga mendapatkan penilaian yang memuaskan. ”Arsip perlu dikelola dengan baik karena dapat menjadi acuan untuk menentukan kebijakan selanjutnya. Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman harus meningkatkan kinerjanya agar pengelolaan arsip di Kabupaten Sleman lebih optimal lagi,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman Ir AA Ayu Laksmi Dewi mengaku selalu melakukan evaluasi terhadap pengelolaan arsip sehingga memenuhi standar dari ANRI. Sebab pengelolaan arsip harus dilakukan secara terus menerus dan konsisten.

”Jadi pengelolaan arsip itu tidak bisa disiapkan saat mau ada penilaian saja. Harus dilakukan secara terus menerus dan kontinyu,” ungkapnya.

Ditambahkan, pada tahun 2017, pengelolaan arsip Pemkab Sleman baru mencapai nilai 3080 dengan predikat Cukup. Sedangkan untuk tahun 2018 Pemkab Sleman berhasil mendapatkan nilai 3778 dengan predikat Baik. Sementara nilai Laporan Audit Kearsipan Eksternal (LAKE) Sleman meraih nilai baik, yakni 90.19 dan masuk 10 besar nasional,” jelas Ayu. (Has)

BERITA REKOMENDASI