SMA N 1 Wates Gelar Webinar ‘Peace N Care 2021’

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – SMA Negeri 1 Wates Kulonprogo berkolaborasi dengan orangtua siswa untuk memecahkan permasalahan yang muncul di masa pandemi Covid-19 menggelar webinar bertajuk ‘Peace N Care 2021’ (Parent and School Casello Collaboration 2021). Ini diharapkan dapat memperlancar proses pembelajaran siswa dan menghindarkan dampak stres semua pihak terkait.

Kepala Sekolah SMAN 1 Wates, R Aris Suwasana SPd MSi mengatakan hal tersebut pada Webinar ‘Peace N Care 2021’, beberapa hari lalu. Webinar yang diikuti 300-an peserta terdiri guru, orangtua atau wali siswa, komite sekolah dan pengawas sekolah, menampilkan narasumber Dr Kartika Nur Fathiyah MSi, Dosen Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (FIP UNY).

Dijelaskan Aris Suwasana, kegiatan ini membahas terkait program kegiatan sekolah di masa pandemi, proses pembelajaran jarak jauh (PJJ), menampung aspirasi orang tua siswa dan keluhan siswa, serta membangun kolaborasi sekolah dan orang tua siswa. “Sedang narasumber membahas cara mengatasi stres siswa, orangtua, dan guru selama masa pandemi. Sebuah kolaborasi dalam wawanhati dan diskusi orangtua siswa dan sekolah sebagai bentuk perwujudan rasa damai dan peduli,” kata Aris.

Menurut Aris, PJJ berdampak pada semua pihak dalam kegiatan sekolah yang diadakan siswa di rumah dalam jaringan. Secara khusus, banyak munculnya permasalahan secara psikologis yang menghambat pelaksanaan PJJ.

Sehingga, kata Aris, mediasi sangat dibutuhkan untuk menemukan solusi terbaik dan menjembatani kerjasama orang tua atau wali siswa dengan sekolah. Perubahan mindset dan keterbukaan membangun kerjasama sinergis diharapkan akan menemukan solusi mengatasi segala bentuk kecemasan dan kesulitan. “Sehingga harmonisasi akan lebih kental dengan kuatnya kolaborasi orangtua/wali dengan sekolah dalam mewujudkan rasa damai dan peduli semua pihak. Pembelajaran menjadi lancar,” katanya.

BERITA REKOMENDASI