SMAN 1 Wates akan Bentuk Ikatan Alumni Lintas Angkatan

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJOGJA.com – SMA Negeri 1 Wates akan membentuk Ikatan Alumni Lintas Angkatan. Ide ini muncul saat acara Ngobrol Penuh Inspirasi (Ngopi)) Bareng Alumni SMAN 1 Wates secara luar jaringan (Luring) terbatas dan dalam jaringan (Daring) melalui Zoom Meeting, Sabtu malam (03/04/2021).

Ngopi Bareng ini menghadirkan Dr (HC) dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Rudy Prakanto SPd MEng Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kulonprogo, dan R Aris Suwasana SPd MSi Kepala SMA Negeri 1 Wates. Dalam Ngopi Bareng Hasto Wardoyo dipilih sebagai Ketua Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Wates Lintas Angkatan.

Menurut Aris Suwasana, alumni merupakan sumber daya manusia (SDM) yang sangat luar biasa. Namun selama ini sumber daya alumni belum digunakan secara optimal. Karena itu, Ngopi Bareng ini diharapkan ada ikatan alumni dari berbagai lintas angkatan. “Harapannya, bisa berkolaborasi untuk memajukan SMA Negeri 1 Wates di wilayah DIY dan nasional. Bidang yang digarap meliputi sains, art, adiwiyata dan teknologi,” kata Aris.

Sedang Rudy Prakanto mengatakan, keberadaan ikatan alumni lintas angkatan ini sangat bermanfaat bagi sekolah. Berdasarkan pengalamannya membentuk ikatan alumni lintas angkatan di SMA Negeri 1 dan 8 Yogyakarta, dapat memakmurkan dan menjaga keamanan sekolah.

Di dua sekolah tersebut, kata Rudy, telah dibentuk sebuah yayasan yang bisa menghimpun dana dari alumni. Selanjutnya, dana tersebut dapat digunakan untuk pembangunan sarana sekolah. “Dana tersebut juga digunakan untuk beasiswa bagi murid yang tidak mampu,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI