SMAN 1 Wates Gelar ‘Crown Casello Try Out’ dan Webinar

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – SMAN 1 Wates menggelar ‘Crown Casello Try Out dan Webinar 2021’ Sabtu-Minggu (13-14/02/2021). Acara yang diadakan secara dalam jaringan (daring) ini diikuti sekitar 365 siswa kelas XII dari berbagai sekolah dan umum. Try out dan webinar dibuka Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo.

Dijelaskan Ketua OSIS SMAN 1 Wates periode 2020-2021, Yogi Arif try out bagi peserta ditujukan untuk masuk perguruan tinggi kedinasan. Sedangkan webinar menampilkan pembicara alumni SMAN 1 Wates yang sedang menjadi mahasiswa Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN), Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI), dan Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS).

“Try out dan webinar ini untuk menambah wawasan siswa kelas XII tentang PTK. Try out dimaksudkan untuk merasakan seperti apa soal yang akan diteskan di PTK, meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP),” kata Yogi didampingi panitia Linda Kamelia dan Alif Fajar di SMAN 1 Wates.

Pembicara Webinar adalah Kepala Balai Pendidikan Menengah Kulonprogo Rudy Prakonto SPd MEng, Kepala Dinas Kesehatan TNI AL Laksma Dr Samsulhadi, mahasiswa STAN Nasa Pradnyaparamita, mahasiswa Akademi Kepolisian Ramadhan Aji Arif Santoso dan mahasiswa PPI Raden Purba Gulang Tama.

Sedang Kepala Sekolah SMAN 1 Wates, R Aris Suwasana SPd MSi mengatakan, kegiatan tersebut adalah hasil kerja pengurus OSIS. Mereka memberikan edukasi kepada siswa kelas XII di wilayah DIY untuk mempersiapkan diri masuk PTK.

“Pada webinar, panitia melibatkan alumni yang sudah berhasil memperoleh kesempatan mengabdikan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Juga alumni yang sedang menempuh sekolah kedinasan untuk berbagi tips dan pengalaman suksesnya,” kata Aris Suwasana.

Sementara Bupati Kulonprogo, Drs H Sutedjo mengharapkan semoga acara ini bisa memberi manfaat bagi keluarga besar SMAN 1 Wates. “Pendidikan merupakan kunci meraih kesuksesan seseorang. Dengan mengenyam pendidikan tinggi, seseorang mampu menghadapi berbagai tantangan zaman. Semangat belajar harus tetap dijaga di masa pandemi,” ujar Sutedjo. (Wid)

BERITA REKOMENDASI