SMK Ma’arif 1 Wates Konsisten Jaga Mutu

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Meski sudah hampir satu tahun pandemi Covid-19 dan pembelajaran di sekolah dilaksanakan secara daring/online, tapi civitas akademika SMK Ma’arif 1 Wates tetap berupaya mempertahankan sekaligus merawat mutu dan eksistensi sekolah agar tetap bisa menghasilkan lulusan berkualitas sesuai standar industri dan siap bekerja. Melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi dan berwirausaha.

“Kegiatan pembelajaran tentu berlangsung dengan menyesuaikan situasi dan kondisi Covid-19 serta memperhatikan regulasi atau kebijakan pemerintah. Seperti dalam mempertahankan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 melalui Remote Audit atau Audit Online oleh PT TUV Rheinland yang berpusat di Jerman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran virus Korona secara ketat,” kata Kasek SMK Ma’arif 1 Wates H Rahmat Raharja SPd, MPdI di ruang kerjanya, Selasa (02/03/2021).

Audit dengan sistem daring terhadap semua unit kerja meliputi top management/ kasek, para wakasek, KTU, Kakomli, perpustakaan, BK dan semua unit kerja yang ada menghadirikan auditor Try Wahyu Benny. “Alhamdulillah pada cloosing meeting auditor menyatakan tidak menemukan hal-hal yang bersifat mayor dan SMK Ma’arif 1 Wates sangat layak mendapat sertifikat perpanjangan SMM ISO 9001:2015,” ungkap Rahmat.

Disamping mendapat sertifikat SMM ISO 9001:2015, SMK Ma’arif 1 Wates pada masa pandemi Covid-19 secara resmi juga telah mendapat sertifikat lisensi sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak pertama (LSP-P1) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sehingga memiliki kewenangan menguji para siswa dengan standar BNSP, sekaligus berhak mengeluarkan sertifikat resmi BNSP bagi lulusan. “Perolehan ini menjadi satu-satunya SMK swasta di Kulonprogo disamping tiga SMK Negeri,” tuturnya bangga.

Rahmat juga mengungkapkan prestasi muridnya, Abdul Aziz meraih juara dua/runner up Student Skill Contest Astra Honda Motor zona DIY, Kedu, Banyumas dan akan mewakili di tingkat nasional April 2021 mendatang.

“Kami terus berinovasi dan berupaya keras meraih prestasi, pertengahan Januari 2021 kami melaunching dan membuka secara resmi Bengkel Sepeda Motor ‘Mr Tech Motor’ dengan fasilitas lengkap dan termodern terstandar Astra, yang melayani masyarakat umum,” ujarnya menambahkan bengkel tersebut juga sebagai model pembelajaran teaching factory bagi siswa-siswa Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). (Rul)

BERITA REKOMENDASI