Sosialisasi Bea Meterai untuk Wajib Pajak

WATES, KRJOGJA.com – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Wates bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Wates, dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat menggelar penyuluhan tentang bea meterai dan tata cara penggunaannya kepada wajib pajak. 

Kegiatan ini dimaksudkan pula untuk mencegah penggunaan meterai palsu oleh masyarakat. Demikian diungkapkan Kepala KPP Pratama Wates Herlin Sulismiyarti.

"Saat ini meterai palsu telah banyak beredar secara online. Umumnya dijual di bawah harga yang seharusnya," ujar Herlin pada penyuluhan, Rabu (17/01/2018), di aula gedung baru KPP Pratama, Triharjo Wates. Penyuluhan yang diikuti 95 orang ini diisi oleh tim penyuluh dari Wates dan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY.

Yasin Haryanto dari Tim Penyuluh KPP Pratama Wates memaparkan,  tentang dasar-dasar pengenaan bea meterai pada dokumen-dokumen tertentu. Materi mencakup objek, tarif, saat terhutang, cara penggunaan, dan cara pelunasan bea meterai sesuai dengan Undang-undang yang berlaku. 

Moh Fuad dari Kanwil DJP DIY menyampaikan materi tentang meterai palsu yang dapat diidentifikasi dari bentuk, jenis kertas, dan cetakan kertasnya. 

Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui tentang pengenaan bea meterai, perbedaan meterai asli dan palsu, dan tidak menggunakan meterai palsu dalam transaksi atau dokumen-dokumen tertentu yang dipersyaratkan Undang-undang, agar terhindar dari sanksi pidana. (Wid)

BERITA REKOMENDASI