Status Kabupaten Layak Anak Kulonprogo Capai Tingkat Madya

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2 Daerah Istimewa Yogyakarta, Dra Wredi Wyandani mengatakan, status Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) di Kulonprogo sudah bagus, mencapai tingkat Madya.

“DP3AP2 selalu berupaya mendorong pemerintah daerah untuk menciptakan Kabupaten/Kota yang layak anak,” katanya saat menerima audiensi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kulonprogo.

Dikatakan, ada tujuh tingkatan untuk mewujudkan KLAyakni tahap start, inisiasi, pratama, madya, nindya, utama dan KLA. Seluruh aspek tersebut dinilai dari sarana dan prasarana maupun program pemerintah daerah yang dibuat untuk anak-anak.

Di sisi lain DP3AP2 DIY fokus mengupayakan pelembagaan pengarusutamaan gender melalui penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE). APE merupakan bentuk pengakuan atas komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender. Salah satu tujuan pemberian APE bagi pemda untuk mengevaluasi pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG).

Hal ini dapat mendorong pemerintah daerah untuk terus menerus menciptakan kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang kesejahteraan gender. Hal tersebut mengacu UU No 35/ 2014 pasal 21 yang menuntut pemerintah daerah memiliki sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kulonprogo Jumanto SH meminta seluruh OPD di Kulonprogo saling mendukung dalam menciptakan Kulonprogo sebagai KLA. “Harapan kami semua OPD membuat program yang mendukung terwujudnya Kulonprogo sebagai KLA dan PUG. Lakukan evaluasi dan catat segala kekurangan dan kebutuhan yang ada sehingga impian kita menciptakan Kulonprogo layak anak dapat segera terwujud,” harapnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI